Mau Dapat Shalat Semalam Suntuk di Bulan Ramadhan dengan Mudah?

Mau Dapat Shalat Semalam Suntuk di Bulan Ramadhan dengan Mudah

Sahabat forkaman yang di rahmatin allah tidak terasa kini kita telah memasuki malam ke 5, selain memiliki keutamaan sebagai penghapus dosa-dosa yang telah lalu sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Shalat tarawih juga memiliki keutamaan yang lainnya. Hal ini dijelaskan oleh Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ
“Sesungguhnya siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk (semalam penuh).” (HR. Tirmidzi, hasan shohih)

Masya Alloh, ini merupakan keutamaan besar dalam shalat tarawih, walau cuma dilakukan sesaat bersama imam antara 30 – 60 menit namun pahalanya dicatat sebagai sholat semalam penuh.

Maka janganlah seseorang pulang terlebih dahulu sebelum imam selesai. Janganlah seseorang mencukupkan hanya 8 rakaat ketika imam melaksanakan tarawih sampai dengan 23 rakaat.

Dan janganlah seseorang pulang terlebih dahulu tanpa mengikuti shalat witir bersama imam dengan tujuan ingin melaksanakan witir tersebut di sepertiga malam terakhir. Sungguh kerugian yang besar ketika kita tidak merampungkan shalat bersama imam.

#forkaman #dakwah #forkamandakwah

Forum Komunikasi Alumni Madrasah Aliyah Negeri