Hakikat pahala Muslimah sholat dirumah

Apa yang Seorang Muslimah Dapatkan Ketika Shalat di Rumahnya
Sahabat forkaman yang dirahmatin allah, perlu diketahui bahwa bagi seorang wanita shalat di rumahnya lebih utama daripada berjamaah di masjid, *baik shalat fardhu maupun shalat tarawih*.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Ummu Humaid radliallahu ‘anha,قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّينَ الصَّلاَةَ … وَصَلاَتُكِ فِى دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ وَصَلاَتُكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِى

_”Aku telah mengetahui bahwa engkau senang sekali jika dapat shalat bersamaku…. *Shalatmu di rumahmu lebih baik* daripada shalatmu di masjid kaummu. Dan shalatmu di masjid kaummu lebih baik daripada shalatmu di masjidku (Masjid Nabawi).”_ (HR. Ahmad, hasan)

Lalu apa yang seorang wanita dapatkan ketika dia di rumahnya? Padahal ketika seorang laki-laki shalat berjamaah di masjid, dia mendapatkan keutamaan 27 derajat. Dan ketika seorang laki-laki shalat tarawih berjamaah di masjid, dia dicatat shalat semalam suntuk. Tentu hal ini akan mengundang iri bagi seorang wanita yang ada keimanan di dalamnya.

Tapi janganlah berkecil hati wahai sahabat muslimah. Mari kita perhatikan kembali hadits di atas.

Pada hadits tersebut dijelaskan bahwa shalatnya seorang muslimah di rumahnya lebih baik daripada shalat di Masjid Nabawi. Tahukah Sahabat tentang keutamaan seorang yang shalat di Masjid Nabawi? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

_”Shalat di masjidku lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram.”_ (HR. Bukhari 1190, Muslim 1394)

Nabi mengabarkan bahwa shalat di Masjid Nabawi memiliki keutamaan yang besar yaitu lebih baik dari 1000x shalat di masjid lainnya. Dan shalat di rumahnya lebih baik daripada shalat di Masjid Nabawi.

Masya Allah, tidakkah engkau tergiur dengan tawaran ini wahai Saudariku?

 

 

F         O         R           K                                A               M                         A                 N’

FORUM                       KOMUNIKASI      ALUMNI   MADRASAH     ALIYAH     NEGERI

2 thoughts on “Hakikat pahala Muslimah sholat dirumah

Comments are closed.